Penggemar Blog

Senin, 13 Juli 2009

Manfaat dan Fungsi Penilaian Kelas

Penilian Kelas atau ulangan yang dilaksanakan oleh guru kepada murid bukan sekedar untuk mengetahui nilai yang diperoleh murid. Tapi, memiliki manfaat dan fungsi yang penting baik bagi murid, guru, juga sekolah.

Manfaat penilaian kelas antara lain sebagai berikut
1.Untuk memberikan umpan balik bagi peserta didik agar mengetahui kekuatan dan kelemahannya dalam proses pencapaian kompetensi.
2.Untuk memantau kemajuan dan mendiagnosis kesulitan belajar yang dialami peserta didik sehingga dapat dilakukan pengayaan dan remedial.
3.Untuk umpan balik bagi guru dalam memperbaiki metode, pendekatan, kegiatan, dan sumber belajar yang digunakan.
4.Untuk masukan bagi guru guna merancang kegiatan belajar.
5.Untuk memberikan informasi kepada orangtua dan komite sekolah tentang efektivitas pendidikan.
6.Untuk memberi umpan balik bagi pengambil kebijakan (Diknas Daerah) dalam mempertimbagkan konsep penilaian kelas yang baik untuk digunakan

Penilaian kelas memiliki fungsi sebagai berikut
1.Memberikan informasi sejauhmana seorang peserta didik telah menguasai suatu kompetensi.
2.Mengevaluasi hasil belajar peserta didik dalam rangka membantu peserta didik memahami dirinya, membuat keputusan tentang langkah berikutnya, baik untuk pemilihan program, pengembangan kepribadian maupun untuk penjurusan (sebagai bimbingan).
3.Menemukan kesulitan belajar peserta didik kemungkinan prestasi yang bisa dikembangkan peserta didik dan sebagai alat diagnosis yang membantu guru menentukan apakah seseorang perlu mengikuti remedial atau pengayaan.
4.Menemukan kelemahan dan kekurangan proses pembelajaran yang sedang berlangsung guna perbaikan proses pembelajaran berikutnya.
5.Sebagai kontrol bagi guru dan sekolah tentang kemajuan perkembangan peserta didik.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Komentar Anda merupakan jalinan persaudaraan.