Penggemar Blog

Sabtu, 26 September 2009

Pedoman Pembelajaran TK Bidang Kognitif


Pengembangan kognitif adalah suatu proses berpikir berupa kemampuan untuk menghubungkan, menilai dan mempertimbangkan sesuatu. Dapat juga dimaknai sebagai kemampuan untuk memecahkan masalah atau untuk mencipta karya yang dihargai dalam suatu kebudayaan.

Karakteristik Perkembangan Kognitif
Dimensi karakteristik perkembangan kognitif, antara lain:
1. Dapat memahami konsep makna yang berlawanan seperti kosong-penuh, ringan-berat, atas-bawah, dan sebagainya.
2. Dapat memadankan bentuk geometri (lingkaran, persegi dan segitiga) dengan obyek nyata atau melalui visualisasi gambar,
3. Dapat menumpuk balok atau gelang-gelang sesuai ukurannya secara berurutan.
4. Dapat mengelompokkan benda yang memiliki persamaan warna, bentuk, dan ukuran.
5. Dapat menyebutkan pasangan benda, mampu memahami sebab akibat.
6. Dapat merangkai kegiatan sehari-hari dan menunjukkan kapan setiap kegiatan dilakukan.
7. Menceritakan kembali 3 gagasan utama dari suatu cerita.
8. Mengenali dan membaca tulisan melalui gambar yang sering dilihat di rumah atau di sekolah.
9. Mengenali dan menyebutkan angka 1-10.

Bagaimana langkah untuk melaksanakan pemeblajaran bidang kognitif agar tepat dan berhasil baik?
Berikut dokumen berupa buku pedoman terbitan depdiknas yang siap diunduh, silakan klik teks berikut:

Download Buku Pedoman Pembelajaran TK Bidang Pengembangan Kognitif

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Komentar Anda merupakan jalinan persaudaraan.