Penggemar Blog

Sabtu, 26 September 2009

Pembelajaran TK Bidang Pembiasaan


Pembiasaan (habituation) merupakan proses pembentukan sikap dan perilaku yang relatif menetap dan bersifat otomatis melalui proses pembelajaran yang berulang-ulang. Sikap atau perilaku yang menjadi kebiasaan mempunyai ciri-ciri sebagai berikut:
a. Perilaku tersebut relatif menetap.
b. Pembiasaan umumnya tidak memerlukan fungsi berpikir yang cukup tinggi, misalnya untuk dapat mengucapkan salam cukup fungsi berpikir berupa mengingat atau meniru saja.
c. Kebiasaan bukan sebagai hasil dari proses kematangan, tetapi sebagai akibat atau hasil pengalaman atau belajar.
d. Perilaku tersebut tampil secara berulang-ulang sebagai respons terhadap stimulus yang sama.
Untuk menanamkan pembiasaan terhadap anak usia Taman Kanak-kanak, yaitu usia 4-6 tahun bersifat fleksibel, dan dapat dilaksanakan secara rutin, spontan dan terprogram.

Metode Pembelajaran Perilaku melalui Pembiasaan
Untuk menciptakan kondisi pembelajaran yang kondusif dalam rangka mengembangkan model pembelajaran yang sesuai dengan kemampuan anak di dalam melakukan pengembangan perilaku melalui pembiasaan sejak dini, menurut Campbell dan Campbell dapat dilakukan dengan berbagai metode sebagai berikut.
1.Pengubahan Perilaku (behavior modification)
2.Pembelajaran (Instructional Technique)
3.Berbasis Hubungan (Relationship-based)
4.Penguatan Kelompok (Group Reinforcement)

Petunjuk di atas merupakan kutipan dari isi buku pedoman yang diterbitkan depdiknas. Untuk mengunduh dokumen, silakan klik teks berikut:

Download Buku Pedoman Pembelajaran TK Bidang Pengembangan Pembiasaan

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Komentar Anda merupakan jalinan persaudaraan.